Kamis, 09 Oktober 2014

Kupas Tuntas Tip dan Trik Menang Kontes Blog


‘Dulu kita hidup di desa lalu kita hidup di kota dan sekarang kita akan hidup di internet’  - The Social Network -

            Memiliki blog agaknya sudah menjadi gaya hidup banyak kalangan, baik itu pelajar, mahasiswa, dosen, politisi, pengusaha bahkan ibu rumah tangga. Blog adalah singkatan dari web blog. Sekitar Desember 1997  istilah blog dipopulerkan oleh John Barger untuk menyebutkan website pribadinya yang selalu diisi berkala, sekarang blog bisa berisi konten poto, video, atau tulisan yang diposting pengelolanya.
            Seiring perkembangan zaman yang awalnya blog disebut juga sebagai diari elektronik yang berisi catatan harian, justru sekarang blog menjadi multifungsi. Sebagian perusahaan memfungsikan blog untuk memposting produk mereka, ibu rumah tangga nge-blog untuk memposting resep masakan terbaru atau hasil kerajinan tangan, seorang politisi nge­-blog untuk media kampanye.
            Mengetahui lebih lengkap lagi tentang asal usul blog, berikut ada video menarik yang menjelaskan Apa Itu Blog?

            Bagaimana? Komplit bukan? Penjelasannya? Atau jadi makin gak tahu, bahkan hampir menangis, soalnya pengisi suara video tersebut pakai Bahasa Inggris :D gak apa yah, hitung-hitung mengasah kemampuan berbahasa inggris kamu juga ^_^
            Back to the topic, nge-blog sejauh ini amat sangat memberi manfaat, khususnya bagi saya pribadi. Bagi saya, dengan kemudahan internet yang ada, kemudian ditambah pengguna smartphonemeningkat tajam, saya pikir dengan memiliki blog, berarti kita mempunyai salahsatu wadah untuk menyampaikan informasi bermanfaat secara cepat.
Awal sekali nge-blog itu tahun 2008, saya buat blog pertama saya otodidak, beli buku kemudian berjam-jam di warnet demi membuat blog hehehe, setelah punya bluser (nama netbuk saya) saya pernah seharian hanya untuk mempercantik blog, dan masih saya pakai sampai sekarang, belum saya ubah template dan aksesorisnya hehehe, karena tahu sakitnya pilah pilih template dan mempercantik blog hihihi :D #lebaaayy
            Jadi, selama tahun 2008 itu, sampai 5 tahun kemudian saya punya blog, postingannya masih seputar catatan pengalaman pribadi. Sesekali ikutan give awayyang menjadikan blog sebagai syarat lomba, hadiahnya gak banyak-banyak, buku, merchandise seperti mug lucu itupun sudah senang banget. Berikut beberapa postingan tulisan saya yang diapresiasi hadiah ^_^Me and Sheilabooks, A to Z tentang Cinta dan Patah Hati, 8 Strategi Taklukkan Hati Pria.
            Kemudian, mulailah ikut kompetisi blog yang hadiahnya besar, eh itu pun belum beruntung, meskipun begitu, lomba yang diikuti menjadi stimulus untuk menjaga semangat menulis dan update blog hahaha, bila pun tulisan keluar sebagai juara itu mah bonus *padahal ngarep bangeeettt :P*
            Lama-kelamaan gerah juga, sudah rajin ikut kontes blog, kok gak ada yang nyangkut satupun sebagai pemenang. Suatu hari, tahun 2012 *eaaak, kayak mendongeng pulak* saya blogwalking dan nyasar di blog Mas Harris Maulana, sekilas blognya sederhana bingiiittt, tapi jangan salah weee, dari blog itu dia pernah menang kontes blog yang hadiahnya jalan-jalan keluar negeri, selain itu ada juga yang hadiahnya rumah, ngiler gak tuh, dan Alhamdulillahnya dia menerbitkan buku, wohoooo senang hati saya, terkadang solusi dari permasalahan, selain google, baca buku yang berhubungan dengan masalah kita itu juga merupakan usaha mencari solusi :D Judul bukunya Tips dan Trik Menang Kontes Blog, langsung dah saya beli, mikirnya waktu itu, dari uang Rp.25.000 (harga buku tersebut) kemudian saya praktekkan pengalaman Mas Harris di bukunya, semoga saya bisa melipatgandakan Rp. 25.000 itu, you know what I mean? Yang jelas bukan jaga lilin looohh , hahaha, tapi usaha lagi, hunt informasi kontes blog dimanapun itu berada #halaaah :D
            Gak lama saya baca buku itu *karena isinya dikit, jadi bacanya juga super cepat, gak sampai 3 jam dah selesai* ada info lomba menulis blog, waktu itu yang ngadain Midazz.com, sebuah situs e-payment yang baru launch, jadilah saya menulis untuk lomba tersebut, biasa tiap kali ikut lomba, setelah di post, ya udah, lupakan, konsentrasikan untuk persiapan lomba yang lain, selanjutnya biarkan Allah yang bekerja ^_^, singkat cerita, masuklah email yang menyatakan saya salahsatu pemenang hiburan dari kontes blog tersebut, wuaaah senang syekaaalii saya, sejak saat itu saya kembali bersemangat untuk mengikuti lomba blog, gak peduli menang atau kalah, yang penting menulis. Ini dia link tulisan saya, Gue Gak Cupu Lagi Belanja Online Bersama Midazz
            Berturut saya pun mulai memenangkan beberapa kontes blog, yang paling besar yang saya dapatkan, awal tahun 2014 ini, gadget, hp android, huwaaa, koprol cantik *gimana koprol cantik itu ya? #mikirkeraass* saya waktu membaca pengumuman pemenang.  Liin tulisan saya bisa baca Disini.Dan baru-baru ini saya juga memenangkan kontes blog , Alhamdulillah juara harapan 1. Bisa baca Disini. Pokoknya nge blog itu asik euy. :D Saya sudah merasakan manfaatnya, hanya saja kabar gembiranya, blog belum ada ekstraknya *apaan coba hahaha*
            Jadi sebenarnya, apapun pencapaian saya saat ini bersama blog saya, belum ada apa-apanya, saya masih terus belajar. Kalau pun ditanya seputar tips dan triknya, saya akan bagikan, ^_^
            Untuk informasi Tips Nge-Blog, kamu bisa baca postingan di blog ini yah, lengkap kap kap. Soalnya, untuk kamu yang baru awal sekali punya blog, memang bagus sekali bila langsung bersemangat untuk ikut kontes blog, hanya saja, tanyakan kembali niat dasar kamu buat blog, apakah untuk wadah ikut kontes blog, untuk gaya gayaan, atau untuk curcol :D ?, saran saya niat awal untuk punya blog sebaiknya karena Allah Ta’ala, *duh berat ya, hehehe tenang Mas dan Mba Bro, giliran nyinggung agama aja udah alergi, jangan lah ya* maksudnya, dengan kamu punya blog, kamu bisa leluasa menyampaikan apa yang kamu rasa dan alami, entah itu pengalaman pribadi yang ada hikmahnya, atau liputan yang berisi informasi berharga yang seluruh umat manusia sejagad raya wajib tahu, ilmu disimpan gak baik loh, ntar cepat lupa. :D
            Sedangkan untuk tips dan trik memenangkan kontes blog, saya kutip dari Buku Harris Maulana yang berjudul Tips dan Trik Menang Kontes Blog penerbit Elex Media Komputindo (2012) dengan penambahan seperlunya berdasarkan pengalaman saya.
sumber: google.com
#1 Carilah Kontes Blog yang berkualitas
Ciyeee yang semangat ikutan kontes blog, tapi gak semua lomba diembat, dibaca teliti terlebih dahulu, hindari kontes blog yang mengandalkan komen atau like terbanyaklah yang menang, kayaknya gak adil banget, sejauh ini masih banyak kok kontes blog yang lebih mengutamakan kualitas tulisan dan originallitas penulisnya. Dan hindari juga yang membuat syarat ‘berbayar sekian rupiah’, justru kita (blogger) yang di apresiasi, bersebab susah payah kita menuangkan ide ke dalam tulisan yang enak dibaca.
#2 Kumpulkan Bahan Tulisan Sebanyak-banyaknya
Nah, sudah ketemu dengan Kontes Blog yang kece? *hadiahnya, hahaha* maksudnya kece juga syaratnya *gak ribet*, kalau sudah saatnya bereksplorasi. Ada banyak jenis kontes blog, diantaranya kontes blog yang diadakan sebuah perusahaan misalnya yang hendak promo, tentu kita harus kepo dong, kumpulkan informasinya, ada juga kontes blog yang mengutamakan pengalaman kita, So, kalau yang ini lebih asyik lagi kan?, ada juga yang kedua-duanya, promo produk/program/perusahaan sekaligus mengaitkannya dengan pengalaman kita dengan produk/program/perusahaan. Selain itu, tips tambahan dari saya, bacalah terlebih dahulu tulisan peserta lain yang sudah duluan posting, biasanya saya googling dengan judul/tema yang disyaratkan penyelenggara, lalu saya kumpulkan tulisan peserta, kemudian saya pelajari deh sudut pandang mereka, dan saya pun mulai menulis dengan sudut pandang beda yang belum dibahas peserta lain ^_^, kalau begini, kemungkinan menang kamu lebih besar *pengalaman banget yak hahahah*
#3Mulailah Menulis
Hei, serius amat, jangan bengong, sampai di step tiga ini, yang kamu lakukan ya harus segera menulis, hindari mepet deadline yak, karena kita tidak bisa memprediksi apa yang terjadi di garis mati itu :D, bisa jadi internet diseluruh dunia padam pada menit ke 10 sebelum jam 12 malam, padahal deadline jam 00.00 WIB, atau kamu, bisa jadi saat deadline, tugas sekolah atau kuliah lagi borongan minta dikerjakan, deadlinenya kompakan gitu deh, atau bisa jadi yang parahnya, kamu lupa kalau ada lomba blog, rajin ngumpul infonya doang, buat apa -_-“
#4 Rajin Promosi Blog
 Bila tulisan kamu sudah jadi dan sudah di post di blog, saatnya promosi ke penjuru alam raya ini, manfaatkan broadcast di BB, isi  personal message kamu dengan link blog kamu, jadi pm kamu gak galau melulu, namun menghasilkan dan bermanfaat buat orang banyak, buat status facebook pastikan promosi link blog juga jangan ketinggalan, pokoknya promosi promosi dan promosi.
Satu hal lagi yang ngebantu blog kamu tersebar luas, adalah gabung dengan komunitas blog baik itu yang local ataupun nasional, kalau di Medan, ada Blogger Medan Community namanya, kalau skala nasional, buat yang cewek nih, bisa gabung di Kumpulan Emak-emak Blogger, lalu untuk blog Kompasiana *FYI, saran saya kamu perlu juga punya akun blog disini, adminnya sering ngadain lomba blog gitu, very recommended  untuk diikuti lomba-lomba blog dari Kompasiana* ada grup Facebooknya juga, ‘Kompasiana’.
Oh ya, blogwalking dan leave comment sambil cantumkan link blog kamu juga oke tuh, jadi selain dapat ilmu, nambah kawan, eh blog kamu jadi banyak pembacanya juga. 
#5 Menulis lagi
Biasanya penyakit yang muncul ketika sudah posting satu tulisan, adalah mandeg dan menunggu. Yaelah, gak boleh sampai mandeg, hunt lagi info lomba blog, kumpulkan bahan lagi, yang sudah dipost gak usah ditunggu pengumumannya *pura pura lupa aja, berharap bila sudah diumumkan eh ada teman yang ngabarin, terus bilang, ‘ciyeee yang menang lomba blog’ terus kita kaget gitu ya kan, ‘masak siiih’ langsung buru-buru ngecek kebenarannya* :D Bahagianya itu disiniiiih *ngelirik blog kece akuuh*
#6 Saatnya Melirik Penyedia Layanan Domain dan Hosting
Nah, biar blog kamu lebih kece lagi dan nge-blog jadi lebih semangat, kamu bisa buat blog kamu menggunakan domain '.com' , atau bisa juga menggunakan jasa penyedia layanan hosting agar tulisan kamu lebih 'save' dan mudah di akses pembaca kamu. Dan kalau kamu bingung penyedia jasa layanan mana yang keren untuk membantu kamu, saya punya informasinya nih, Qwords jawabannya, Qwords adalah sebuah perusahaan Web Hosting Indonesia. Lebih lengkapnya, kamu bisa baca frequently ask question-nya yah, dijamin blog kamu bakal makin cantik dan cakep hehehey.
            Hah, ngebagi ilmu itu rasanya kayak transfer tenaga dalam gitu *berasa syuting sinetron CCSN gitu* Cantik Cantik Suka Nge-Blog #jiaahahaha maksa :P. Well, semoga bermanfaat, Happy Blogging! 

Barakallah atas Milad yang ke 2  Blogger Medan Community. Semoga semakin berjaya ^_^ dan blogger Medan makin kompak :D
#Tulisan ini diikutsertakan pada Lomba Menulis Blog dalam rangka Semarak 2ndAnniversary Blogger Medan Community
http://www.bloggermedan.org/semarak-2nd-anniversary-blogger-medan-community/









 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar